Minggu, 21 September 2025

Petunjuk Teknis Lomba Coding

 Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan bangga, kami mempersembahkan Lomba Coding OTN 2025 dalam rangka Olimpiade TIK Informatika Nasional (OTN) VII yang akan digelar di ICE BSD Serpong, 23–26 Oktober 2025.


Dengan tema “Technology for New Era”, lomba ini menjadi ajang bagi pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK untuk menunjukkan kreativitas, logika berpikir, dan inovasi melalui coding. Kami percaya, setiap peserta memiliki potensi besar untuk berkarya dan menjadi bagian dari generasi unggul di era teknologi baru.


Mari jadikan lomba ini bukan sekadar kompetisi, tetapi juga kesempatan untuk belajar, berkolaborasi, dan berinovasi.









Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat telah membawa dunia memasuki era baru, di mana literasi teknologi dan kecakapan berpikir komputasional menjadi kompetensi penting bagi generasi muda. Coding bukan sekadar kemampuan menulis baris perintah, tetapi juga sarana untuk melatih logika, kreativitas, kolaborasi, serta kemampuan memecahkan masalah nyata.


Olimpiade TIK Informatika Nasional (OTN) VII tahun 2025 dengan tema “Technology for New Era” hadir sebagai wadah pengembangan talenta digital pelajar Indonesia. Melalui lomba coding ini, peserta didorong untuk berinovasi, berkreasi, dan menghasilkan karya teknologi yang bermanfaat, sesuai dengan tantangan zaman.









Mendorong literasi digital dan kecakapan berpikir komputasional bagi pelajar.

Mengembangkan kreativitas, inovasi, dan problem solving melalui coding.

Menjadi ajang kompetisi positif untuk mempersiapkan generasi unggul di era teknologi baru.

Menghasilkan karya-karya aplikasi, animasi, dan game edukatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Meningkatkan semangat kolaborasi, sportivitas, dan kepercayaan diri siswa di tingkat nasional.









Peserta lomba adalah pelajar dari jenjang pendidikan:

  1. SD (Sekolah Dasar)

Kategori: Visual Coding & Creative Animation Tools: Scratch 3 atau platform sejenis

Bentuk karya: animasi interaktif atau game sederhana

  1. SMP (Sekolah Menengah Pertama)

Kategori: Game & Problem Solving Coding

Tools: Scratch lanjutan atau platform sejenis

Bentuk karya: game edukatif atau aplikasi sederhana berbasis logika

  1. SMA/SMK (Sekolah Menengah Atas/Kejuruan) Kategori: App & AI Development

Tools: Scratch, Python, HTML/CSS/JS, atau framework AI sederhana

Bentuk karya: Game, aplikasi atau proyek AI terapan









  1. Pendaftaran Peserta

Dilakukan secara daring melalui laman resmi OTN 2025.

Peserta wajib mengisi data diri, asal sekolah, dan jenjang lomba.

Peserta wajib melampirkan bukti pembayaran lomba pada saat mendaftar.

  1. Pembekalan Teknis

Panitia menyediakan modul teknis

Peserta akan mendapat akses workshop daring sebagai persiapan awal.

  1. Peralatan

Peserta membawa laptop pribadi dengan software coding yang telah ditentukan, charger.

Panitia tidak menyediakan jaringan internet,

Panitia hanya menyediakan sarana untuk presentasi pada saat masuk final.

  1. Pendamping

Setiap sekolah wajib menunjuk 1 guru pendamping.









  1. Tahap 1: Penyisihan

Peserta membuat proyek coding sesuai tema sub- kategori.

Waktu pengerjaan: 1 minggu dari zoom meet awal pertemuan .

Kriteria awal: fungsi berjalan baik, kesesuaian dengan tema, dan orisinalitas.

  1. Tahap 2: Presentasi & Final

Peserta terpilih mempresentasikan proyek di depan dewan juri.

Durasi presentasi: 5 menit sudah dengan tanya jawab.

Penilaian mencakup aspek teknis, kreativitas, dan cara penyampaian.

  1. Hasil Lomba

Dewan juri menentukan Juara I, II, III.

Pengumuman dilakukan pada penutupan OTN 2025.









Penilaian dilakukan berdasarkan bobot berikut: Aspek Teknis (30%)

Kode berjalan sesuai fungsinya. Struktur program efisien dan logis.

Aspek Kreativitas & Inovasi (25%) Karya orisinal, unik, dan sesuai tema.

Menawarkan solusi atau nilai tambah bagi pengguna.

Aspek Desain & Interaktivitas (20%)

Tampilan menarik, mudah digunakan, dan ramah pengguna.

Aspek Presentasi (25%)

Kemampuan peserta menjelaskan ide, konsep, dan cara kerja proyek.









Peserta yang berhasil meraih juara di masing-masing jenjang dan kategori lomba akan mendapatkan:

  1. Juara I

Medali OTN VII

Sertifikat Nasional Uang pembinaan

Souvenir eksklusif OTN 2025

  1. Juara II

Medali OTN VII

Sertifikat Nasional Uang pembinaan

  1. Juara III

Medali OTN VII

Sertifikat Nasional Uang pembinaan


Semua peserta akan menerima sertifikat partisipasi nasional sebagai bentuk apresiasi atas keikutsertaan dalam ajang ini.









Lomba Coding OTN 2025 diharapkan menjadi wahana lahirnya generasi inovator teknologi Indonesia. Melalui ajang ini, peserta tidak hanya berkompetisi, tetapi juga berkolaborasi untuk membangun masa depan dengan semangat “Technology for New Era”.


****

Formulir Pendaftaran: https://forms.gle/iq4aWakjiEX5Lcnx8

Biodata Peserta: https://forms.gle/Hccz4Jk86VbfAZKD9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Finalis LCC Informatika SMA/MA

Surat Keterangan/Rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah >>> https://docs.google.com/document/d/1Prkm23PL0UE9pdDAOZLpHWUXJTo8oR4e6pS8...