Minggu, 21 September 2025

Petunjuk Teknis Lomba Presentasi



  1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat belakangan ini telah mengubah hampir semua aspek kehidupan manusia. Kemajuan di bidang digital dan internet telah membentuk masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi. Oleh karena itu, digital literasi atau melek digital menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki oleh setiap orang agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital serta mengatasi tantangan di era digital.


Sayangnya, tingkat digital literasi masyarakat Indonesia dinilai masih relatif rendah. Berdasarkan hasil riset Katadata Insight Center pada tahun 2023, hanya 48% masyarakat Indonesia yang memiliki digital literasi tingkat lanjutan. Masih banyak masyarakat yang belum memahami potensi maupun risiko di dunia digital. Hal ini dapat menghambat Indonesia dalam menghadapi tantangan di era digital.


Oleh karena itu, upaya meningkatkan digital literasi sejak dini sangat penting agar generasi muda memiliki bekal yang memadai dalam menyongsong masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menstimulasi kreativitas dan inovasi berbasis digitalsejak usia muda, seperti melalui Olimpiade TIK Nasional (OTN).


Dengan mengangkat tema "Teknologi for New Era", diharapkan lomba ini dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya digital literasi, sekaligus melatih kemampuan mereka dalam berkreasi dan berinovasi di dunia digital demi masa depan yang lebih baik.



  1. TujuanLomba

Tujuan yang ingin dicapai dari lomba ini adalah:

  1. Meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya digital literasi dalam menyongsong masa depan.
  2. Melatih keterampilan generasi muda dalam memanfaatkan teknologi digital untuk berkreasi dan berinovasi.
  3. Menstimulasi ide-ide kreatif generasi muda untuk menghasilkan karya digital yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Mendorong pengembangan konten-konten digital yang mendidik dan mengedukasi tentang literasi digital.
  5. Memfasilitasi pertukaran ide dan praktik baik dalam meningkatkan literasi digital di kalangan generasi muda.
  6. Memperkuat kolaborasi antar generasi muda dalam mengembangkan karya kreatif digital yang inovatif.
  7. Menginspirasi generasi muda untuk menjadi pelopor dan agen perubahan dalam meningkatkan literasi digital di masyarakat.

  1. Target Peserta dan Kategori Lomba

Lomba ini terbuka untuk semua siswa-siswi tingkat SMP, dan SMA dan sederajat, di seluruh Indonesia.


Peserta terbagi dalam 2 kategori:

  • Kategori SMP untuk siswa kelas 1-3 SMP
  • Kategori SMA untuk siswa kelas 1-3 SMA



  1. PersiapanLomba

Peserta diharap secara mandiri mempersiapkan kebutuhan berikut:

  1. Laptop/gadget yang akan digunakan untuk membuat presentasi menarik.
  2. Colokan
  3. Software Canva yang akan digunakan.
  4. 1 email aktif
  5. Koneksi internet


  1. Syarat dan ketentuan Lomba

  • Definisi Presentasi – untuk lomba ini, presentasi menarik yang dimaksud adalah berupa presentasi yang mengandung Animasi, Gambar, Audio dan Video menarik.
  • Siswa/siswi Jenjang SMP dan SMA/K
  • Membayar biaya registrasi sebesar Rp. 100.000/Peserta Aplikasi presentasi yang digunakan adalah Canva
  • Tema Presentasi adalah "Teknologi for New Era" Presentasi yang dibuat terdiri dari Max10 slide
  • Presentasi terdiri dari slide pembukaan, inti dan penutup
  • Presentasi boleh memuat komponen multi media seperti Foto, Animasi, Illustrasi, Video ataupun Musik.
  • Peserta diperkenankan menggunakan aset-aset diluar aplikasi canva
  • Konten-konten foto, gambar maupun video sesuai dengan tema.
  • Akan dipilih 15 Peserta perkategori yang akan maju sebagai finalis di ICE BSD.
  • 15 Terbaik perkategori akan ditandingkan kembali untuk kemudian dipilih Juara 1-3
  • Keputusan Juri mutlak tidak bisa diganggu gugat.


  1. Tata LaksanaLomba

Pelaksanaan Lomba Presentasi menarik menggunakan Canva ini terbagi menjadi 3 acara utama:

  1. Babak Penyisihan

●Waktu: 20 September - 10 Oktober 2025

●Tempat: Dirumah masing-masing.

●Acara: Penyisihan 15 Besar.

●Pengumpulan link canva melalui :

..........................................................

Notes: Link Canva tidak boleh dikunci

  1. Final

●Waktu: 25 Oktober 2025

●Tempat: ICE BSD INDOCOMTECH

●Acara: Para peserta mengerjakan desain di Area Lomba Peserta menambahkan 5 Slide tambahan pada presentasi sebelumnya..

●Durasi : 15 Besar : 90 Menit




  1. PenilaianLombadanKategori  Juara

Juri akan memberikan penilaian berdasarkan :

  • Orisinalitas ide
  • Kesesuaian tema dan presentasi yang dibuat
  • Manfaat yang diperoleh peserta dan audience Kreatifitas
  • Inovatif


NOTE : jIKA DIKEMUDIAN HARI DITEMUKAN KARYA TERSEBUT BUKAN HASIL SENDIRI, PANITIA BERHAK UNTUK MEMBATALKAN JUARA.

Masing-masing kategori ada 3 juara lomba Kategori SMP: Juara 1, 2, dan 3

Kategori SMA/SMK: Juara 1, 2, dan 3

  1. Penyelenggara Lomba

Lomba presentasi menarik menggunakan canva ini diselenggarakan dan dikoordinir oleh tim OTN, sebagai bagian dari kampanye pendidikan teknologi di bidang pemrograman komputer, pembentukan karakter dan pengembangan 21st Century Skills.




Contact Us

F O R M O R E I N F O

P I C L O M B A : A L I H A S Y I M R A S I D I N



  0896-8855-172t6

alihasyimrasidin@gmail.com


Formulir Pendaftaran: https://forms.gle/iq4aWakjiEX5Lcnx8

Biodata Peserta: https://forms.gle/Hccz4Jk86VbfAZKD9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Finalis LCC Informatika SMA/MA

Surat Keterangan/Rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah >>> https://docs.google.com/document/d/1Prkm23PL0UE9pdDAOZLpHWUXJTo8oR4e6pS8...