Minggu, 21 September 2025

Petunjuk Teknis Lomba Robotika Rancang Bangun

 LOMBA ROBOTIK OLIMPIADE TIK-INFORMATIKA NASIONAL (OTN) TAHUN 2025

  1. LATAR BELAKANG


Perkembangan teknologi pada era digital saat ini menuntut generasi muda untuk memiliki kreativitas, inovasi, serta kemampuan adaptasi yang tinggi dalam menghadapi tantangan global. Salah satu bidang yang menjadi fokus pengembangan adalah teknologi robotika, yang tidak hanya berperan dalam dunia industri, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai sektor strategis.


Dalam rangka menumbuhkan minat, bakat, serta potensi peserta didik dalam bidang sains dan teknologi, khususnya robotika, maka diselenggarakan Lomba Robotik pada kegiatan Olimpiade TIK Nasional (OTN) ke-7 Tahun 2025 dengan mengusung tema “Technology for New Era”.


Lomba ini diharapkan menjadi wadah bagi para peserta untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, problem solving, kreativitas, serta kerja sama tim melalui perancangan dan pembangunan robot sesuai ide dan inovasi mereka sendiri. Dengan kategori Robot Rancang Bangun dengan Kreativitas Peserta, lomba ini memberikan kesempatan luas bagi generasi muda untuk menunjukkan karya terbaiknya yang bermanfaat, aplikatif, serta relevan dengan kebutuhan masa depan.


Melalui kegiatan ini diharapkan lahir generasi penerus bangsa yang tidak hanya cakap dalam memanfaatkan teknologi, tetapi juga mampu menciptakan teknologi baru yang membawa manfaat bagi masyarakat dan menjadi bagian dari solusi menghadapi era baru perkembangan teknologi global.



  1. TUJUAN

Lomba Robotik pada kegiatan Olimpiade TIK Nasional (OTN) ke-7 Tahun 2025 dengan kategori Robot Rancang Bangun dengan Kreativitas Peserta bertujuan untuk:

  1. Mengembangkan kreativitas dan inovasi peserta dalam merancang serta membangun robot sesuai dengan gagasan dan imajinasi mereka.

  2. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah melalui penerapan teknologi robotika yang aplikatif.

  3. Mendorong penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya di bidang robotika, sebagai bekal menghadapi tantangan era digital.

  4. Menumbuhkan semangat kompetitif yang sehat, sportivitas, dan kerja sama tim di antara peserta didik dari berbagai daerah.

  5. Menciptakan generasi muda yang adaptif, produktif, dan inovatif dalam menghadapi perkembangan teknologi global.

  6. Mewadahi bakat dan potensi peserta untuk menghasilkan karya teknologi yang kreatif, bermanfaat, dan bernilai guna bagi kehidupan masyarakat.


  1. TEMA

Lomba Robotik pada kegiatan Olimpiade TIK Nasional (OTN) ke-7 Tahun 2025 mengusung tema:

“Technology for New Era”

Tema ini dipilih sebagai wujud semangat dalam mendorong generasi muda untuk menciptakan karya inovatif di bidang teknologi, khususnya robotika, yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan di era baru perkembangan teknologi global. Melalui tema ini, diharapkan peserta dapat menuangkan ide, kreativitas, serta inovasi dalam merancang dan membangun robot yang tidak hanya menarik, tetapi juga bermanfaat, solutif, dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

  1. TANGGAL PELAKSANAAN

Lomba robotik rancang bangun Olimpiade TIK-Informatika Nasional 2024 ini dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang pada tanggal 23 – 26 Oktober 2025.


  1. PERSYARATAN

    1. Peserta adalah siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah dimana lombanya di kategorikan berdasarkan jenjangnya.

    2. Setiap peserta harus membawa perlengkapan lomba masing-masing.

    3. Setiap tim terdiri dari minimal 2 orang siswa, dan maksimal 5 orang siswa dengan 1 orang guru pembimbing/pendamping.

    4. Setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 tim.

    5. Setiap anggota tim wajib menyelesaikan administrasi pendaftaran.


  1. PELAKSANAAN LOMBA

    1. Peserta daftar pada link yang disediakan oleh panitia lomba.

    2. Peserta WAJIB menyelesaikan administrasi pendaftaran.

    3. Panitia akan menyediakan arena berupa meja dengan dimensi 1 meter X 2 meter.*

    4. Peserta WAJIB membawa perlengkapan lomba sendiri, seperti laptop, charger, kabel roll, dsb.

    5. Setiap tim akan mendemonstrasikan dan menjelaskan fungsinya project robotnya di hadapan juri.

    6. Karya robot yang dilombakan berupa karya robot ciptaan sendiri yang memiliki unsur robotika, otomasi, dan pemrograman.

    7. Robot memiliki bagian konstruksi mekanik yang dapat bergerak

    8. Robot memiliki mikrokontroler yang dapat di program.

    9. Robot harus bergerak secara otomatis dengan program atau diperbolehkan menggunakan Remote Control atau (Bluetooth/Wifi) yang hanya dikendalikan oleh peserta.

    10. Catu daya menyesuaikan dengan kebutuhan.

    11. Bahan baku tidak dibatasi, tetapi tidak diperbolehkan menggunakan bahan-bahan yang mudah terbakar atau yang dapat membahayakan.

    12. Peserta merakit robotnya sendiri dari sekolah/madrasah hingga dapat bergerak secara otomatis atau dapat dikendalikan menggunakan Remote Control atau (Bluetooth/Wifi), kemudian dipresentasikan di hadapan juri secara offline (tatap muka) di lokasi lomba.


  1. PENJURIAN DAN PENILAIAN

    1. Penilaian akan dilakukan berdasarkan beberapa aspek berikut:

    2. Desain dan Inovasi (20%): Kreativitas desain dan inovasi teknologi yang digunakan.

    3. Fungsionalitas Robot (30%): Kemampuan robot dalam menjalankan tugas sesuai tema dan keandalan operasionalnya.

    4. Pemrograman dan Efisiensi (20%): Kualitas dan kompleksitas pemrograman robot serta efisiensi penggunaan hardware.

    5. Presentasi dan Pemahaman (10%): Kualitas presentasi dan pemahaman tim terhadap robot yang dibuat.

    6. Potensi Produksi Massal (20%): sejauh mana robot yang dirancang memiliki potensi untuk diproduksi secara massal.

    7. Penilaian juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Jakarta, September 2025 PJ. Lomba Robotik


****

Formulir Pendaftaran: https://forms.gle/iq4aWakjiEX5Lcnx8

Biodata Peserta: https://forms.gle/Hccz4Jk86VbfAZKD9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Finalis LCC Informatika SMA/MA

Surat Keterangan/Rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah >>> https://docs.google.com/document/d/1Prkm23PL0UE9pdDAOZLpHWUXJTo8oR4e6pS8...